Kamis, 12 Oktober 2017

GURU PEMIMPIN

GURU PEMIMPIN
---------------
Oleh : Nina Krisna Ramdhani
      Era millenial sudah di depan  mata. Banyak tantangan yang harus dijawab guru dengan segera. Guru tak bisa lagi mengajar dengan cara lama. Karena siswa yang kita hadapi sudah berbeda. Kita para guru lahir pada generasi X tahun 70an. Sementara siswa yang kita ajar lahir pada generasi Z bahkan gerasi Apha. Mereka hidup dimana teknologi informasi dan internet merajalela. Sementara kita para guru menekan fungsi keypad saja masih terbata.
Maka apa yang musti kita lakukan wahai guru seperjuangan?
Agar jurang diantara kita dan generasi Apha tidak menganga?
      Kata kuncinya adalah PERUBAHAN. Ya, kita para guru wajib melakukan perubahan mindset dan paradigma. Jika dahulu kita hanya menjadi penumpang/passenger yang pasrah dibawa kemanapun arah sopir menuju, kini guru harus berani bertukar peran menjadi driver yang mampu mengarahkan kemana pendidikan negeri kita akan dibawa.
        Kuncinya ada pada guru. Karena guru adalah garda terdepan bagi terciptanya perubahan. Guru wajib menjadi pemimpin dan pelopor datangnya perubahan. Mental-mental guru yang passenger-yang malas bergerak karena sudah berada di zona nyamaƱ/comfort zone, harus dibangunkan dari kursi malasnya. Segera rubah mental passenger menjadi mental driver.
Darimana kita harus memulai???
Dari yg terkecil, dari yang terdekat, dan dari sekarang! Right now!
#SewinduSGI
#GerakanGuruPemimpin
#SekolahGuruIndonesia
#SGI
#SekolahGuruDompetDhuafa
#Sekolah Guru Indonesia_ Dompet Dhuafa
Instagram @Sgidompetdhuafa

1 komentar: