Senin, 30 Oktober 2017

PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI SEKOLAH DASAR

Oleh
Dra. NurKomariah, M.Pd

Pembelajaran interaktif merupakan sebuah model pembelajaran yang sangat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa, baik akademik maupun non-akademik. Pada pelaksanaannya melibatkan berbagai komponen yang saling berhubungan satu sama lain. Di antaranya adalah tujuan, guru, siswa, media, dan penilaian.
Model ini berorientasi pada siswa, di mana siswa dilibatkan siswa secara langsung ( student centered). Model pembelajaran interaktif membuat siswa saling berinteraksi dalam berbuat dan berpikir yang mengasilkan umpan balik secara langsung terhadap materi pelajaran yang diberikan (Hake, 1997:65).
Menurut Rosnelli (2009:85), Model pembelajaran interaktif merupakan model pembelajaran yang memungkinkan siswa aktif dengan guru, teman sekelasnya, dan media pembelajaran. Dengan demikian dapat menangani perbedaan individual siswa karena siswa dapat maju sesuai dengan kemampuannya tanpa harus menunggu teman sekelasnya. Proses pembelajarannya memungkinkan siswa untuk melakukan keleluasaan untuk belajar mandiri tanpa terganggu oleh yang lain dan mengikuti tes untuk setiap bahasan yang telah dipelajarinya dan terus maju sesuai dengan kemampuannya dengan bantuan arahan guru atau mengulang proses pembelajaran pada unit yang sama sampai mencapai penguasaan minimal sesuai target yang telah ditetapkan.
Pertanyaan adalah, “Apakah pembelajaran interaktif dapat diterapkan di sekolah dasar?”
Dari beberapa pendapat mengenai model pembelajaran interaktif di atas maka jawaban dari pertanyaan tersebut adalah “Ya.”
Dikatakan “Ya” jika model tersebut diterapkan tidak seidentik dengan yang diuraikan di atas. Penerapan di sekolah dasar dapat diterapkan hanya sebatas interaktif antara siswa dan guru, siswa dan siswa, siswa dan lingkungannya. Dengan kata lain penerapannya hanya sebatas hubungan aktif pada proses pembelajaran dan untuk memusatkan pembelajaran pada siswa.
Contoh pada pembelajaran Bahasa Indonesia tentang menulis karangan narasi. Pada proses pembelajaran tentu guru tidak serta merta menjelaskan apa itu karangan narasi, ciri-cirinya, dan langkah-langkah membuatnya tetapi guru hendaknya melakukan Tanya jawab dengan siswa tentang karangan narasi. Berikan keleluasaan pada siswa untuk berpikir kritis dan berdiskusi dengan teman sebangkunya. Biarkan siswa mengeksplor pengetahuan yang sudah dimilikinya. Tugas guru adalah menampung jawaban siswa kemudian memberinya penguatan.
Selanjutnya guru dapat memberikan beberapa jenis teks bacaan. Tugaskan siswa untuk membacanya. Berikan waktu yang cukup pada siswa agar mereka dapat menentukan mana teks wanaca narasi dari beberapa teks yang telah dibacanya. Berikan juga kesempatan untuk mendiskusikannya dengan teman sebangku atau mungkin dengan kelompoknya. Ketika siswa talah memilih teks yang dimaksud maka siswa tersebut diberikan kesempatan untuk mengemukakan alasannya. Dengan begitu akan terjadi interaksi yang aktif.

Contoh lain padapembelajaran Ilmu Pengetahuan alam. Kompetensi dasar mengenal jenis-jenis akar pada tumbuhan. Untuk mencapai kompetensi tersebut tentu guru seyogyanya menugaskan siswa membawa jenis-jenis tumbuhan. Biarkan siswa mengamatinya untuk dapat menjelaskan perbedaan antara tumbuhan satu dan lainnya. Guru hanya memandu siswa menuju suatu simpulan nama tumbuhan yang berakar tunggang mana yang berakar serabut.
Untuk sampai pada suatu simpulan tentu harus tercipta interaktif, baik dengan guru maupun antar siswa melalui kegiatan Tanya jawab. Selain itu juga interaksi dengan sumber belajar yang dalam hal ini adalah tumbuhan, berupa pengamatan langsung untuk menemukan indicator pencapaian kompetensi.
Melalui pola seperti di atas tampak jelas terjadinya interaksi dengan guru, siswa, dan media pembelajaran. Posisi guru hanya sebagai fasilitator karena yang lebih aktif adalah siswa. Artinya pembelajaran berpusat pada siswa. Sebatas itulah penerapan model pembelajaraninteraktif yang dapatdilakukan di jenjang pendidikan Sekolah Dasar pada umumnya atau sekolah dasar regular. Pembelajaran dilakukan secara klasikal tidak secara individual. Siswa belajar bersama-sama dan selesai bersama-sama. 
Satukasus yang sering muncul di lingkungan sekolah dasar adalah siswa cendurung pasif saat pembelajaran. Sebagian besar siswa sekolah dasar siap menerima sejumlah materi bukan mendiskusikan materi pembelajar. Penyebab hal itu terjadi bukanlah siswa yang tidak mampu berinteraksi tetapi karena pola pembelajaran yang masih konvensinal. Pembelajaran berfokus pada guru. Dalam hal ini siswa merupakan objek pembelajaran.
Alternatif penyelesaian kasus di atas adalah guru perlu memahami fungsinya sebagai fasilitator dalam pembelajaran. Hal lain yang tidak kalah penting yaitu guru perlu berinovasi agar siswanya aktif dan interaktif di dalam kelas. Inovasi dimaksud adalah minimal  guru mampu menggunakan media dengan demikian pembelajaran interaktif dapat dilaksanakan.
Pembelajaran interaktif dapat dilakukan di sekolah dasar. Pelaksanaannya disesuaikan dengan tingkat kemampuan berpikir anak dan karakteristik pembelajaran di SekolahDasar. Pada usianya antara 7 (tujuh) sampai dengan 13 (tiga belas) tahun yang masih senang bermain, senang berkelompok, dan banyak bergerak. Dengan demikian pembelajaran interaktif di sekolah dasar disajikan dengan serius tapi santai.Tentu saja dengan tidak mengurangi prinsip-prinsip yang terdapat di dalam pembelajaran tersebut.


Bogor, 20 Oktober 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar